Advertising

10 Teknologi Paling Canggih Terbaru April 2016

Perkembangan teknologi hingga April tahun 2016 ini tak bisa disangkal begitu pesat, bahkan nyaris setiap tahun selalu hadir produk terbaru berbasis teknologi canggih. Inovasi dari ilmuwan menambah daftar panjang teknologi baru tersebut. Sepanjang 2015 saja, ada ratusan teknologi dan perangkat elektronik canggih yang diciptakan. Faktor efisiensi menjadi alasan orang-orang menggunakannya.

Pada kesempatan ini kami telah merangkum daftar 10 teknologi terbaru paling canggih hingga April 2016, yang dikutip dari berbagai laman kabar teknologi terkemuka seperti Mashable, Live Science, dan Science Daily. Banyak perusahaan penghasil produk teknologi nampaknya berusaha merebut kasta tertinggi di sektor spesialisasi mereka masing-masing. Berikut ini cuplikan lengkapnya:

1. Truck Pintar Mercedes-Benz
Kali ini Mercy sedang mensosialisasikan bagaimana trucknya mampu berkendara tanpa harus susah payah 'memeras' keahlian sang sopir. Mercedes-Benz Future truck 2025 concept hadir dengan segala kecanggihannya, terutama fitur auto pilot. Fitur auto pilot yang hadir di trucknya ini nyaris mirip dengan fitur-fitur yang hadir di pesawat terbang. Berbekal perangkat sensor, navigator GPS dan kamera - sang sopir tanpa perlu khawatir untuk mengendarai kendaraan besar ini.

Ketika fitur auto pilot ini dijalankan maka dengan sendirinya laju dan arah tujuan truck beralih seluruhnya pada sistem pintar yang ditanamkan di perangkat digitalnya. Sang sopir dengan santainya mampu melakukan aktivitas lainnya seperti menonton atau bahkan berselancar di dunia maya hingga tidur. Saat ini, pengembangan mobil pintar sedang mencapai tahap pengujian keamanan.


Truck Auto Pilot Mercedes Benz
2. Virtual Reality
Teknologi virtual reality adalah teknologi yang dikembangkan khusus untuk dunia game. Jadi para pengguna akan dapat merasakan langsung keseruan dalam bermain game favorit.Teknologi ini sendiri sudah mulai dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya. Tahun depan, teknologi ini dikabarkan akan masuk ke negara-negara Asia Tenggara.

3. Motion Sensor
Beberapa vendor teknologi saat ini mulai mengembangkan teknologi motion sensor. Yakni, sistem teknologi berbasiskan gerak tubuh manusia. Artinya, kita bisa menyalakan televisi, ponsel pintar, ataupun pendingin ruangan tanpa menyentuh benda-benda tersebut. Sistem teknologi ini mulanya hanya muncul di film-film dan bacaan bergenre science fiction.

4. Aplikasi Canggih Ponsel Pintar
Gojek, SayTaxi, Grabbike, dan Uber adalah beberapa contoh kemudahan transportasi angkutan umum lewat ponsel pintar. Bukan tak mungkin pada 2016 akan kian bermunculan aplikasi semacamnya. Bahkan, banyak pakar teknologi yang memprediksi semua aspek kehidupan akan dihubungkan melalui aplikasi ponsel pintar.

5. Robot
Perkembangan teknologi robot sepanjang 2015 mencapai tahap yang luar biasa. Asimo, robot ciptaan Honda, misalnya. Robot ini sudah bisa bergerak sendiri, khususnya pada bagian tangan dan jari, serta dapat berbicara layaknya manusia. Asimo bergerak berdasarkan sistem pengenalan suara. Ke depan, banyak pakar yang memprediksi robot akan bisa menjadi pelayan pribadi manusia.

6. Hololens
Sepanjang tahun 2015, Microsoft sedang mengembangkan teknologi hololens. Teknologi ini adalah kebalikan dari virtual reality. Kalau virtual reality akan membawa kita ke dunia imajinasi, sementara hololens akan membaya imajinasi ke dunia nyata. Dengan memakai perangkat seperti kacamata, segala sesuatu akan tampil di hadapan kita dalam bentuk hologram. Dilansir dari mashalbe.com.

Kita dapat melihat semua benda melayang di udara. Bahkan, kita bisa menonton film tanpa perangkat pemutar film. Anda hanya perlu duduk manis menggunakan perangkat hololens dan layar akan tampil di hadapan kita secara hologram.

7. Mesin Cetak 3D Canggih Nan Murah
Tahun 2015, teknologi mesin cetak 3D memang sudah mulai dipasarkan. Hanya, harganya masih sangat mahal dan kurang terjangkau bagi semua kalangan. Pemasarannya juga terbatas di beberapa negara saja. Itulah mengapa pada 2016 banyak pengembang teknologi mesin cetak 3D akan membuat produk yang lebih terjangkau, baik secara pemasaran maupun harga.

8. Fast Charging
Kegiatan isi ulang baterai ponsel dianggap sebagai hal yang menghabiskan waktu. Sebab, seringkali memakan waktu yang cukup lama. Sepanjang 2015, teknologi isi ulang baterai dengan cepat sedang dikembangkan. Teknologi ini memungkinkan baterai ponsel pintar kita terisi penuh hanya dalam belasan menit saja.

9. Be My Eyes di Android
Be My Eyes adalah aplikasi untuk membantu orang yang buta agar dapat "melihat" sekitarnya. Cara kerjanya menggunakan kamera yang dioperasikan dengan perintah suara. Apabila seorang tunanetra ingin mencari barang, misalnya, ia hanya butuh mengatakan apa yang ada di depannya sambil mengaktifkan aplikasi ini. Aplikasi ini akan otomatis "melihat" yang ada di depannya dan memberitahukannya melalui suara.

Pada 2015 aplikasi ini baru dikeluarkan untuk Apple. Tapi vendor yang mengeluarkan Be My Eyes menyatakan akan menyediakan aplikasi tersebut di Android pada 2016.

10. Kirim Uang Tinggak Klik
Dengan adanya e-banking, tahun depan tampaknya sistem transaksi manusia sudah mulai berkurang. Tak sampai dua menit kita dapat melakukan transfer ataupun menerima uang dengan mudah. Pada 2016, bukan tak mungkin sistem aplikasi berbagi uang kian marak diciptakan. Snapcash, misalnya, yang rencananya akan rilis tahun mendatang.

Demikian postingan mengenai 10 Teknologi Paling Canggih Terbaru April 2016, semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung ke TechDonya.

Iklan